/li/a

astronot


Selasa, 24 Juli 2012

Hilal

Hilal

Hilal adalah sabit bulan-baru yang menandai masuknya bulan-baru pada sistem kalender ini. Hilal merupakan fenomena tampakan sabit Bulan saat Matahari terbenam, yang dilihat dari Bumi setelah ijtimak atau konjungsi. Perbedaan tempat dan waktu di Bumi mempengaruhi tampakan hilal tsb. Hilal sangat redup dibandingkan dengan cahaya Matahari atau mega senja. Dengan demikian hilal ini baru dapat diamati sesaat setelah Matahari terbenam.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tampakan hilal. Hal ini menyangkut kriteria visibilitas hilal. Kedudukan Bumi, Bulan, dan Matahari memungkinkan tinggi dan azimut Bulan dapat dihitung saat Matahari terbenam. Demikian halnya dengan beda tinggi dan jarak sudut antara Bulan dan Matahari. Tidak kalah pentingnya adalah faktor atmosfer/cuaca dan kondisi pengamat yang ikut menentukan kualitas tampakan hilal.

contoh gambar Hilal :



Tayang-Langsung

Tayang-langsung ini dilakukan untuk memberi kemanfaatan bagi masyarakat luas tentang informasi hilal. Informasi hilal dapat menjadi salah satu masukan bagi Pemerintah dalam penentuan kalender atau hari besar keagamaan. Selain itu dapat digunakan sebagai kajian bersama, yang kelak dapat menjadi bahan untuk merumuskan kriteria dan pemahaman yang lebih mendalam tentang tampakan (visibilitas) hilal.

Tayang-langsung ini tidak dimaksudkan untuk menjamin bahwa hilal dapat dilihat. Demikian halnya, tidak digunakan untuk menilai apakah peralatan pendukung memiliki kemampuan atau tidak untuk melihat hilal yang rendah ketinggiannya dari ufuk. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tampakan hilal. Salah satunya adalah keadaan cuaca pada arah pandang ke Bulan/hilal. Kondisi cuaca berperan penting pada kualitas hasil tampakan hilal.

Contoh Orang yang sedang melihat Hilal :



Tayangan ini tidak diniatkan untuk secara mandiri membuat keputusan tentang awal bulan baru. Keputusan tentang ini berada pada Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan.

Proses tayang-langsung ini dilakukan dengan sebenarnya seperti apa yang tampak di langit. Hal ini multak dilakukan guna menjamin tersampaikannya informasi hilal secara utuh kepada masyarakat.

Melalui tayang-langsung ini diharapkan akan terjadi peningkatan apresiasi masyarakat seputar hilal melalui penyebarluasan informasi. Masyarakat dapat ikut serta mengikuti, memahami, dan menyikapi informasi seputar hilal melalui berbagai media yang tersedia.
Next Prev home
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google